1. Adakah Yang Luput Dari Al-Quran? || Salah Paham Terhadap Alquran


Pertanyaan yang menjadi judul bab ini tidak terkait dengan kesalah-pahaman atas penafsiran suatu ayat tertentu, melainkan terkait dengan sosok Alquran itu sendiri. Inti pertanyaannya adalah : 
Apakah Al-Quran ini benar-benar mencakup semua aspek kehidupan dan tidak ada hal yang luput sedikit pun? Ataukah sebaliknya, yaitu Alquran tidak harus lengkap dan tidak harus memuat semua persoalan manusia?

Pertanyaan semacam ini menarik untuk didiskusikan lebih lanjut, biar jangan terjadi kesalah-
pahaman. Intinya bahwa Alquran itu memuat semua hal, namun ada yang sifatnya eksplisit dan
juga implisit.

A. Quran Tidak Ada Yang LuputSecara umum sudah benar bahwa tidak ada satu masalah pun yang luput dari Alquran. Hal itu se-
bagaimana firman Allah Swt. dalam ayat berikut :
مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ
"Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab." (QS. Al-Anam : 38)

Membaca secara lahiriyah ayat ini pastinya akan muncul pemahaman bahwa Alquran memuat segala hal. Namun tidak salah kalau ada yang sedikit berpikir kritis dan bertanya-tanya, apa benar bahwa segala hal sudah termatub di dalam Al-Quran? Kalau memang benar, bukankah Rasulullah Saw. pernah menguji Muadz bin Jabal dengan pertanyaan yang mana tidak ada jawabannya dalam Alquran.

B. Hadits MuadzKetika Muadz bin Jabal dikirim ke Yaman,
Rasulullah SAW sempat melakukan tes kepadanya.

كيْف تقْضيِ إِذا عُرِض لك قضاء ؟ قال : أقْضِي بكِتابِ اللهِ .قال : فإِنْ لمْ تجِدْ فيِ كتِابِ اللهِ ؟ قال : فبِسُنّةِ رسُولِ اللهِ قال : فإِنْ لمْ تجِدْ فيِ سُنّةِ رسُولِ الله ولا فيِ كتِابِ الله ؟ قال : أجْتهِدُ رأْيِ ولا آلو . فضرب رسُولُ اللهِ صدْرهُ وقال : الحمْدُ لِلّه الّذِي وفق رسُولُ رسُولِ اللهِ لِما يرْضي رسُوْلُ اللهِ
Dari Muaz bin Jabal radhiyallahuanhu berkata bahwa Nabi bertanya kepadanya,
"Bagaimana engkau memutuskan perkara jika diajukan orang kepada engkau? Muaz menjawab, saya akan putuskan dengan kitab Allah. Nabi bertanya kembali, bagaimana jika tidak engkau temukan dalam kitab Allah? Saya akan putuskan dengan sunnah Rasulullah, jawab Muaz. Rasulullah bertanya kembali, jika tidak engkau dapatkan dalam sunnah Rasulullah dan tidak pula dalam Kitab Allah? Muaz menjawab, saya akan berijtihad dengan pemikiran saya dan saya tidak akan berlebih-lebihan. Maka Rasulullah SAW menepuk dadanya seraya bersabda,"Segala puji bagi Allah yang telah menyamakan utusan dari utusan Allah sesuai dengan yang diridhai Rasulullah. (HR Abu Daud)

Jelas sekali disebutkan bahwa ada banyak masalah yang tidak ditemukan jawabannya di dalam Al-
Quran. Yang bilang seperti ini bukan orang kafir atau munafik, tetapi justru Rasulullah Saw. sendiri.
Meski bentuknya pertanyaan, namun tegas bahwa Rasulullah Saw. sendiri yang menyatakan adanya kemungkinan tidak ada jawaban atas masalah. 

C. PenjelasanLantas apakah pernyataan bahwa Alquran tidak memuat semua masalah itu bisa dibenarkan? Jawa-
bannya ada yang benar tapi juga ada yang tidak benar.

1. Adanya Qiyas
Selain itu seringkali pula Alquran juga tidak memuat yang global sekalipun. Namun para ulama kemudian menemukan adanya hubungan kesamaan ‘illat antara suatu masalah yang disebutkan dalam Alquran dengan masalah lain yang tidak termuat di dalam Alquran.

Hubungan kesamaan ‘illat inilah yang oleh para ulama disebut dengan qiyas.
Ketika Muadz bin Jabal mengatakan bahwa dirinya akan melakukan ijtihad, sebenarnya yang Beliau lakukan bukanlah mengarang-ngarang perkaraagama. Namun Beliau mencari kesamaan ‘illat antar ayat dengan kasus nyata.
Hal semacam inilah yang kemudian menjadi hujjah bahwa Alquran memuat segala sesuatu. Namun
ada yang sifatnya eksplisit dan ada yang sifatnya implisit.

2. Global dan Detail
Secara umum kita katakan bahwa umumnya Alquran hanya memuat hal-hal yang global saja, sedangkan yang sifatnya detail memang tidak semua dijelaskan dalam Alquran, kebanyakan dijelaskan dalam hadits-hadits nabi Saw.

Secara umum kita katakan bahwa umumnya Alquran hanya memuat hal-hal yang global saja, sedangkan yang sifatnya detail memang tidak semua dijelaskan dalam Alquran, kebanyakan dijelaskan dalam hadits-hadits nabi Saw.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 1. Adakah Yang Luput Dari Al-Quran? || Salah Paham Terhadap Alquran"

Post a Comment